Polres Karawang Gencar Berangus Miras Tradisional Jenis Ciu

KARAWANG – Polres Karawang Polda Jabar bekerja sama dengan Polda Jateng untuk memberangus produsen miras tradisional jenis ciu.

Hal itu dilakukan lantaran miras tersebut sudah beredar hingga wilayah Karawang, Jawa Barat. Di wilayah Cilamaya misalnya, seorang pengusaha kerap memesan miras kepada produsen ciu di Solo.

“Kita koordinasi dengan Polda Jateng untuk mematahkan langsung produsennya,” ujar Kapolres Karawang, Senin (7/5/2018).

Bermula dari penangkapan Wahyudin, seorang penjual miras di Gang Sasak Kebo, RT03 RW02, Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan pada Jumat (4/5/2018).

Wahyudin, menjalankan bisnis miras yang meresahkan masyarakat Cilamaya. “Pelaku menjual miras di rumahnya. Kebanyakan pelanggannya berusia muda,” papar dia.

Polisi lalu melaksanakan pengembangan. Hasilnya, didapat informasi jika Wahyudin memesan miras kepada produsen ciu dari Solo.

“Modus operandi pelaku adalah menjemput barang di rumah makan Nikki di Subang. Dari sana, miras diangkut menggunakan angkot ke Cilamaya,” ujarnya.

“Pelaku mentransfer sejumlah uang kepada produsen. Kita masih selidiki lebih dalam, hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengaku baru pesan dua kali ke produsen di Solo,” tambahnya.

Di rumah Wahyudin, polisi menyita 196 liter ciu yang siap edar. Pria 42 tahun itu menyimpan stok ciu dalam jeriken. Untuk yang siap jual, Wahyudin mengemas ciu ke dalam botol bekas air mineral.

Di dalam rumah Wahyudin, polisi menyita 8 jerigen ukuran 40 liter, 145 botol kecil, 46 botol besar dan 50 botol kecil kosong bekas miras.

“Pelanggan disuguhi berbagai ukuran, mulai dari botol besar hingga kecil,” kata dia.

Omzet Wahyudin di bisnisnya lumayan menjanjikan. Sekali jual, ia bisa dapat untung hingga belasan juta rupiah. “Setiap jeriken dia dapat untung lima ratus ribu rupiah,” ucap Kapolres.

Praktik bisnis Wahyudin, menurut dia, tergolong berbahaya bagi masyarakat. Pasalnya miras jenis ciu kerap dioplos dengan bahan kimia berbahaya.

Bertepatan jelang Ramadan, Polres Karawang tengah gencar menggelar razia miras. Razia secara intensif dilakukan di seluruh kecamatan sejak sebulan terakhir.

“Kita imbau masyarakat tak lagi mengkonsumsi miras. Karena sudah banyak korban berjatuhan,” pungkasnya.

Polres Karawang

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password